• 021-31-118-118
  • info@idaqu.ac.id
  • Cipondoh, Tangerang, Banten
Berita Terkini
Rapat Revisi Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam di Institut Daarul Quran

Rapat Revisi Kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam di Institut Daarul Quran

Tangerang, 10 Juni 2023 – Prodi BKPI Institut Daarul Quran (IDAQU) mengadakan rapat revisi kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dengan fokus pada mata kuliah Bimbingan Konseling Kepesantrenan. Rapat ini dihadiri oleh Dekan, Kaprodi dan dosen pengelola program studi tersebut.

Rapat tersebut bertujuan untuk memperbarui dan meningkatkan kurikulum Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam khususnya dalam mata kuliah Bimbingan Konseling Kepesantrenan. Melalui rapat ini, diharapkan dapat diperoleh kurikulum yang lebih relevan dengan perkembangan terkini di bidang bimbingan dan konseling serta kebutuhan lapangan kerja di lembaga pendidikan kepesantrenan.

Salah satu fokus utama dalam rapat ini adalah merevisi konten dan metode pengajaran pada mata kuliah Bimbingan Konseling Kepesantrenan. Pembaruan ini bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan tradisi kepesantrenan dalam pendekatan bimbingan dan konseling. Selain itu, juga diperhatikan peningkatan keterampilan praktis mahasiswa dalam memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa di lingkungan pesantren.

Nur Azmi Wiantina, Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam di Institut Daarul Quran, mengatakan, “Rapat revisi kurikulum ini penting untuk menjawab kebutuhan dan tuntutan pesantren dalam bidang bimbingan dan konseling. Kami ingin menghasilkan lulusan yang mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling yang berkualitas dengan memperhatikan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal pesantren.”

Setelah rapat, tim pengajar Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam akan melakukan penyusunan kurikulum baru yang telah direvisi. Kurikulum baru ini akan mencakup mata kuliah yang diperbarui dengan pendekatan yang sesuai dengan pesantren. Selain itu, juga akan diperkenalkan mata kuliah baru yang memperluas pemahaman mahasiswa tentang bimbingan dan konseling di lingkungan pesantren.

Direncanakan bahwa kurikulum baru ini akan mulai diterapkan pada tahun akademik berikutnya untuk mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam di Institut Daarul Quran. Kami berharap bahwa dengan adanya revisi kurikulum ini, lulusan program studi ini akan lebih siap dan berkualitas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan pesantren serta tetap memegang teguh nilai-nilai Islam.

183 Views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *